Wabup Ingatkan PNS Ikut Bertanggungjawab Amankan Kebijakan Pemkab.

Wabup Tasdi Apel Pagi5

PURBALINGGA – Wakil Bupati Purbalingga Tasdi, mengingatkan seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk segera menerapkan adanya Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN yang disahkan Presiden bersama DPR RI pada 15 Januari 2014.

“Seluruh ASN Pemkab Purbalingga yang terdiri dari PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Khusus (PPPK), wajib memahami dan menerapkan isi undang-undang itu. Minimal memahami yang terkait dengan tugas-tugas kita sebagai ASN,” ujar Tasdi saat memberikan amanat pada pelaksanaan apel kerja pagi jajaran Kantor Setda Purbalingga, Rabu (28/5).

Sedianya, Wabup Tasdi akan menenerima apel pagi pada Senin (26/5) kemarin. Namun tertunda karena ada tugas mewakili Bupati di Jakarta. Apel kerja pagi yang rutin diselenggarakan PNS Setda, diikuti Sekda Imam Subijakto, para pejabat eselon Setda, para PNS dan honorer kantor Setda.

Dijelaskan Wabup Tasdi, dalam pasal 11 UU ASN dijelaskan fungsi ASN salah satunya sebagai pelaksana kebijakan publik yang telah ditentukan oleh pejabat yang lebih tinggi, baik itu Bupati, Gubernur maupun pemerintah pusat. Terkait dengan fungsi tersebut, Tasdi meminta seluruh ASN mampu menterjemahkan apa yang menjadi kebijakan publik dari Pemkab. Baik yang berupa peraturan daerah, peraturan bupati, instruksi maupun arahan dari pimpinan.

Menurut Tasdi, untuk mewujudkan kebijakan publik itu, harus diawali dari internal pemkab sendiri. Siapapun yang mengaku ASN harus berkomitmen untuk mewujudkan apa yang menjadi komitmen dan program-program pemkab.

“PNS dan PPPK, harus ikut bertanggungjawab mengamankan kebijakan publik tersebut,” tandas Tasdi.

Dalam mewujudkan fungsinya sebagai pelayan publik, Tasdi juga mengingatkan agar jajaran ASN harus bekerja sesuai peraturan perundangan yang ada, sesuai prosedur dan aturan yang berlaku. Hal ini, lanjut Tasdi, untuk mewujudkan salah satu dari 8 misi Bupati yang tercantum dalam RPJMD 2010-2015 yakni melaksanakan reformasi birokrasi melalui pelayanan publik yang professional dan berkualitas.

“Apel pagi seperti ini, merupakan bagian dari pelaksanaan tugas sebagai ASN,” jelasnya.

Dibagian lain, Wabup Tasdi juga mengingatkan seluruh ASN pemkab Purbalingga untuk senantiasa dapat mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa. Untuk mewujudkan itu, menurut Tasdi, perlu diawali dengan membangun kebersamaan dan keharmonisan di lingkungan kerja masing-masing. Dimana antar dan inter PNS, terbangun hubungan yang baik, hubungan simbiosis mutualisme.

Sedangkan secara eksternal, ASN adalah aparatur yang dihargai oleh masyarakat. Karenanya mesti dapat menjadi teladan dilingkungannya masing-masing. “Dimanapun kita berada harus mampu menjadi perekat persatuan. Khususnya dengan warga masyarakat di sekitar rumahnya, sebagai bagian dari persatuan bangsa Indonesia,” pungkas Wabup.

Kehadiran Wabup Tasdi dalam apel kerja PNS merupakan kali pertama sejak dilantik menjadi Wabup pada 16 Mei lalu. Acara itu juga dimanfaatkan Wabup untuk kulonuwun menjadi keluarga besar Pemkab Purbalingga. Kesempatan itu, Tasdi juga meminta dukungan jajaran ASN Pemkab, untuk dapat membantu Bupati Sukento dalam mewujudkan program-programnya. (Hardiyanto)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *