Tarawih Keliling Mendekatkan Pemimpin dengan Rakyatnya

PURBALINGGA – Rombongan Tim 2 Tarawih Keliling (Tarling) yang dipimpin oleh Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon, Kamis (24/5) bertandang ke Masjid Baitul Hidayah Desa Tanalum, Kecamatan Rembang. Tarling yang sudah pada putaran ke-2 di Bulan Ramadhan 1439 H ini, seperti biasa mengajak sejumlah stakeholder agar lebih dekat dengan rakyatnya.

Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon menyampaikan ada beberapa tujuan mengapa harus berepot-repot melaksanakan Tarling. Diantaranya adalah tujuan spiritual, yakni meningkatkan keimanan dan ketaqwaan bersama dan senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan.

“Tujuan sosial, yaitu dalam rangka meningkatkan persaudaraan dalam ukhuwah islamiyah, wathoniyah, basyariyah antara ulama, umaro dan umat. Semoga kegiatan Tarling ini bisa membangun kedekatan antara pimpinan, pemerintah dengan rakyatnya,” kata Wakil Bupati yang akrab disapa Tiwi ini.

Selain itu, tujuan kultural dari Tarling ini adalah membentuk pribadi-pribadi yang lebih santun dalam hidup bermasyarakat. Kegiatan Tarling ini juga oleh wakil bupati digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi tentang pemerintahan ataupun pembangunan di Kabupaten Purbalingga.

Pembangunan Fisik di Kecamatan Rembang Mencapai Rp 8,6 Miliar

Khusus di Kecamatan Rembang, Pemkab Purbalingga telah menganggarkan Rp 8,6 miliar untuk pembangunan infrastruktur. Wabup Tiwi merinci sejumlah kegiatan tersebut diantaranya pembangunan Tahap-2 Kantor Kecamatan Rembang (penataan lingkungan). “Tahun lalu sudah selesai Tahap-1, tahun ini akan dilanjutkan lagi,” kartanya.

Selain itu juga akan ada peningkatan jalan dari Karangnangka – Tanalum juga jalan Curug Karang – Tanalum. Wabup Tiwi juga mengingatkan bahwa Desa Tanalum merupakan desa yang memiliki tingkat kemiskinan tinggi. Otomatis berkontribusi juga dengan tingkat kemiskinan di Purbalingga yaitu 18,8% yang masih nomor 4 se-Jawa Tengah.

“Kami berharap dengan alokasi anggaran untuk infrastruktur di Kecamatan Rembang ini bisa berdampak dalam peningkatan perekonomian masyarakat dan menungurangi angka kemiskinan,” katanya.

Sementara itu, Camat Rembang Bambang Sukendro menyambut baik kedatangan rombongan Tim 2 Tarling ini. Ia berharap kehadiran jajaran pimpinan ini akan menambah semangat ibadah masyarakat Desa Tanalum.

Sukendro juga menginformasikan, saat ini di setiap desa di Kecamatan Rembang sedang giat membangun, karena mendapat alokasi Dana Desa (DD) total sebesar Rp 12 miliar, selain itu juga Alokasi Dana Desa (ADD) total sebesar 5,6 miliar.

“Saat ini sedang tahap pencairan harapannya agar berjalan dengan lancar, agar proses pembangunan bisa selesai tepat waktu,” katanya.

Bulan September Desa Tanalum juga akan mengadakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Ia meminta masyarakat agar bisa mensukseskan Pilkades nanti. “Mudah-mudahan berlangsung aman dan tidak mengganggu kondusifitas dan yang terpilih bisa membawa desa ini lebih maju,” katanya.

Sementara untuk desa lain di Kecamatan Rembang, kata Camat Sukendro saat ini juga sibuk dengan pengisian perangkat desa melalui mutasi. Ia memperkirakan setelah lebaran, pengisian tersebut sudah selesai, khususnya untuk jabatan Sekretaris Desa (Sekdes).

“Mudah-mudahan jabatan Sekdes lekas terisi, karena memiliki peran strategis dan tugas yang banyak dan padat agar kegiatan pemerintahan bisa berjalan sebagaimana mestinya,” katanya.

Adapun yang mengikuti rombongan Tarling Tim 2 ini diantaranya, perwakilan anggota DPRD, Polres Purbalingga, Lanud Jenderal Besar Soedirman, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Batalyon 406/Candra Kusuma, beberapa lembaga vertikal, BUMD, BUMN, UP3AD Jateng, PMI, Baznas, serta Asisten Sekda, Staf Ahli bupati dan kepala OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Purbalingga. Masing-masing instansi yang ikut tersebut, memberikan bingkisan kepada pihak imam dan takmir masjid, termasuk pemberian 1 unit genset dan uang kehormatan untuk guru Madrasah Diniyah (madin) dan imam masjid di Desa Tanalum. (Gn/Humas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *