KKN Posdaya Unsoed serap Swadaya Masyarakat Rp. 48 juta

DSC_0606PURBALINGGA-HUMAS, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang dilakukan selama 36 hari telah menyerap swadaya masyarakat sebanyak Rp 48,137 juta. Dana swadaya tersebut digunakan untuk membiayai 236 program kerja di 4 kecamatan yang ketempatan KKN Posdaya.

Hal tersebut di sampaikan koordinator KKN,Irfan pada saat penyerahan mahasiswa KKN Posdaya Unsoed tahun 2015 di Monumen Jenderal Soedirman, Selasa, (23/2). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Purbalingga, Wakil rektor II Unsoed , Kepala Bappeda Purbalingga dan para Camat.

Irfan mengatakan 236 program terbagi beberapa bidang seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, lingkungan dan kelembagaan. Bidang kesehatan meliputi penyuluhan ibu hamil, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dan senam lansia. Untuk bidang pendidikan pengadaan buku bacaan, bimbingan belajar dan pendampingan PAUD dan TK.

Bidang Ekonomi dilakukan penyuluhan gemar menabung, pelatihan UKM, dan pengolahan produk makanan. Bidang lingkungan dengan kerja bakti bersama masyarakat, penanaman bibit, dan sayuran. Sedangkan untuk bidang kelembagaan dengan dilakukan sosialisasi posdaya, dan revitalisasi program dan pengurus posdaya.

“Untuk penanaman bibit pohon keras ada 1.100 buah bibit yang kita tanam,” kata Irfan

Wakil Bupati Purbalingga, Tasdi menyatakan terimakasih atas apa yang telah dilakukan Unsoed dalam upayanya berkontribusi menigkatkan kesejahteraan masyarakat Purbalingga. Dengan adanya mahasiswa KKN di Purbalingga telah mendorong akselerasi pembangunan di Purbalingga.

“Kontribusi ini diharapkan dapat meningkatkan kembali semangat juang Jenderal Soedirman agar selalu bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ihklas,” ujar Tasdi

Penyerahan mahasiswa secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Purbalingga dengan memberikan plakat kepada Wakil rektor II Unsoed. Pada kegiatan ini juga dilaksanakan expo hasil kegiatan KKN Posdaya. KKN ini dilaksanakan sejak tanggal 20 Januari sampai 23 Februari 201, di 4 Kecamatan yang meliputi 40 desa. (Sapto Suhardiyo)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *