2018 Jalan Mipiran Akan Diperhalus, Aula Balai Desa Direnovasi

PURBALINGGA – Rombongan Tim 2 Tarawih Keliling (Tarling) yang dipimpin oleh Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon, Kamis (31/5) menyambangi Masjid Al Falaq, Desa Mipiran, Kecamatan Padamara. Kegiatan Tarling ini salah satunya bertujuan sebagai wadah penyerapan aspirasi dan penyampaian informasi kepada masyarakat terkait program-program pembangunan dari Pemeriah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga.

Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon menyampaikan bahwa tahun 2018 ini, Kecamatan Padamara mendapatkan alokasi anggaran pembangunan fisik senilai Rp 3,6 miliar. “Diantaranya untuk pembangunan jembatan Karanggambas dan sudah selesai proses lelang. Kemudian juga untuk pemeliharaan jalan dari Karanggambas – Mipiran hingga Susukan,” tuturnya.

Wabup juga sempat mendapatkan masukan aspirasi dari Kepala Desa Mipiran. Selain juga termasuk salah satu desa dengan zona merah kemiskinan yang tinggi, aula kantor Balai Desa Mipiran juga membutuhkan renovasi.

“Di Mipiran ini, kabarnya butuh anggaran untuk merenovasi aula balai desa, sehingga melalui kesempatan ini saya dengan pak bupati akan memberikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp 100 juta untuk renovasi. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik,” katanya.

Selain itu terkait banyaknya desa di Padamara yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada bulan September dan Desember nanti, Wabup berpesan agar seluruh elemen masyarakat tetap menjaga kondusifitas, serta tetap berada pada kompetisi yang sehat. “Jadi bapak-ibu harus ikut membantu mensukseskan agar Pilkades agar tetap aman, damai, kondusif dan tidak ada kendala apapun,” katanya.

10 dari 13 Desa di Padamara akan Selenggarakan Pilkades

Camat Padamara Suparno SSos melaporkan saat ini Kecamatan Padamara terdiri dari 13 desa dan satu kelurahan. Sebanyak 10 desa akan menyelenggarakan Pilkades, Desa Purbayasa yang mengikuti pada gelombang pertama yakni 9 September. Sementara sisanya sebanyak 9 desa akan mengikuti Pilkades gelombang ke-dua 16 Desember.

“Sementara itu 3 desa tidak menyelenggarakn Pilkades tahun ini, yaitu Desa Gemuruh, Karanggambas dan Kalitinggar Kidul, karena jabatan Kades akan berakhir pada 2021 nanti,” katanya.

Pemerintah Kecamatan Padamara juga menginformasikan, saat ini di desa-desa tengah dipersiapkan adanya pengisian kekosongan perangkat desa, khususnya Sekretaris Desa (Sekdes). Suparno menyatakan, pengisian ini akan diselenggarakan serentak.

“Targetnya setelah lebaran selesai terisi. Saat ini maih dalam tahap sosialisasi kepada Kades dan BPD. Besok Sabtu (2/6) saya akan kumpulkan Kades untuk mendapatkan sosialisasi tentang tata cara penilaian kinerja perangkat desa khususnya Kasi dan Kadus. Sehingga nanti bisa menentukan perangkat desa yang benar-benar memiliki kompetensi unggul,” katanya.

Terkait dengan keuangan, Suparno menyampaikan saat ini sebanyak 13 desa mendapat Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD Purbalingga dengan total sebesar Rp 4,9 miliar, dengan rata-rata desa mendapat Rp 340 juta. Sementara itu anggaran dari pusat berupa Dana Desa (DD), 13 desa di Padamara mendapatkan total Rp 10,5 miliar, dengan rata-rata desa mendapatkan Rp 700 juta lebih.

“Mudah-mudahan dengan banyaknya anggaran ini akan membuat desa-desa semakin maju dan perekonomiannya meningkat,” ungkapnya.(Gn/Humas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *