Sukento Dilantik di Pendapa Dipokusumo

PURBALINGGA, HUMAS – Dewan Perwakilanh Rakyat Daerah (DPRD) Purbalingga memutuskan pelantikan Wabup Drs Sukento Rido Marhaendrianto MM sebagi bupati menggantikan Drs Heru Sudjatmoko MSi, akan dilaksanakan di Pendapa Dipokusumo, Sabtu (28/12) mendatang. Rencananya pelantikan akan dilakukan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

“Dengan berbagai pertimbangan maka kami memutuskan pelantikan dilaksanakan di Pendapa Dipokusumo. Dua bupati periode sebelumnya masing-masing Triyono Budi Sasongko dan Heru Sudjatmoko juga dilantik disana,” kata Ketua DPRD H Tasdi SH MM, Kamis (26/12).

Seperti diketahui Sukento yang sebelumnya menjabat sebagai wabup periode 2010-2015 akan dilantik menjadi bupati. Pasalnya Bupati Heru Sudjatmoko dinyatakan non aktif karena dilantik sebagai Wagub Jateng Periode 2013-2018.

Tasdi juga memaparkan bahwa Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang pemberhentian Sukento sebagai wabup dan pengangkatannya sebagai bupati definitive telah turun tertanggal 18 Nopember lalu. “Pelantikan bupati akan digelar dalam forum rapat paripurna istimewa DPRD,” terang Tasdi.

Sebelumnya sempat ada tiga lokasi yang diusulkan menjadi tempat pelantikan bupati. Masing-masing di ruang rapat paripurna dewan, halaman Pasar Segamas dan Pendapa Dipokusumo. Tasdi mengatakan ruangan rapat paripurna dewan dianggap terlalu sempit. “Jika di Pasar Segamas juga tidak reprsentatif. Makanya kami memutuskan pelantikan dilaksanakan di Pendapa Dipokusumo saja,’ lanjutnya.

Sementara itu kesibukan terkait persiapan pelantikan bupati mulai terasa. Halaman Pendapa Dipokusumo sejak kemarin mulai dipasangi tenda untuk tamu undangan.

Kasubag Humas dan Protokol  Sekretariat DPRD Uji Wikanto mengatakan sejumlah bupati di wilayah tetangga juga diundang untuk menghadiri pelantikan tersebut. “Undangan sudah kami kirim sejak beberapa hari lalu,” terangnya.

Mengenai jumlah tamu yang diundang mencapai 1500 orang. Termasuk diantaranya adalah sejumlah anggota DPR RI dan juga petinggi parpol pengusung. Seperti diketahui saat maju dalam Pilkada tahun 2010, Heru yang berpasangan dengan Sukento diusung oleh PDIP, PAN, PKS dan PKB. “Dengan jumlah undangan sebanyak itu memang lokasi yang layak untuk pelantikan adalah Pendapa Dipokusumo,” imbuhnya.(Humas/Hr)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *