Kualitas SMP Negeri 1 Purbalingga Tidak Diragukan

PURBALINGGA, DINKOMINFO – Ketua Komite SMP Negeri 1 Purbalingga, Heni Ruslanto mengatakan mewakili Komite Sekolah pihaknya merasa bangga karena setiap tahunnya SMP Negeri 1 Purbalingga selalu bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasinya di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Tahun lalu, SMP Negeri 1 Purbalingga menduduki peringkat 7 dan tahun ini tradisi mempertahankan prestasi 10 besar di Jawa Tengah tetap dipertahankan.

“Karena dari tahun ke tahun SMP Negeri 1 Purbalingga selalu bisa mempertahankan prestasinya di posisi 10 besar di Jawa Tengah,” kata Heni saat memberikan sambutan pada acara Wisuda Purna Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017, Kamis (15/6) di sekolah setempat.

Heni menuturkan, alumni SMP Negeri 1 Purbalingga jika memasuki SMA dimanapun dapat mempertahankan prestasinya dan mampu menjaga citra baik SMP Negeri 1 Purbalingga. Dimanapun melanjutkan jenjang pendidikan, Heni menambahkan hal itu menjadi bagian dari pilihan mereka untuk meneruskan ke sekolah yang terbaik.

“Kalau tadi disampaikan sudah lebih dari 50 peserta didik yang lulus, sudah mendaftar dan sudah diterima di SMA/SMK/MA di luar Kabupaten Purbalingga itu bukan salah bunda mengandung, karena itu bagian dari pilihan dari siswa,” ujarnya.

Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menjelaskan tentang kualitas lulusan SMP Negeri 1 Purbalingga saat ini tidak diragukan lagi. Tiwi menuturkan SMP Negeri 1 Purbalingga telah teruji mampu mencetak orang-orang sukses yang dilihat dari banyaknya orang-orang sukses dari SMP Negeri 1 Purbalingga.

“Ada Kapolda, Direktur BUMN, termasuk ada Mantan Bupati lulusan SMP Negeri 1 Purbalingga yang kebetulan adalah ayah saya Triyono Budhi Sasongko, Bupati Purbalingga Periode 2000-2010,” ungkapnya.

Selanjutnya Tiwi menambahkan momentum wisuda bukanlah akhir dari segalanya tapi justru awal mula kehidupan yang baru. Momentum kelulusan menjadi langkah awal bagaimana menuju step yang berikutnya dengan tantangan-tantangan yang harus dihadapi.

“Bagaimana rintangan ini tidak menjadi penghalang untuk meraih keberhasilan, jangan hanya berhenti sampai di titik ini,” imbuhnya.

Tiwi menghimbau kepada purna siswa kelas IX agar momentum wisuda mampu menjadi motivasi yang dapat meningkatkan semangat untuk meraih keberhasilan di masa yang akan datang. Ia pun berharap agar siswa kelas IX yang telah lulus tidak hanya berhenti sampai di jenjang SMP saja melainkan memiliki motivasi yang besar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Menuntut ilmu ini memang sesuatu yang sangat penting karena pendidikan akan menentukan kita di masa depan,” tutur Tiwi.

Selanjutnya Tiwi menambahkan keberhasilan suatu bangsa ditentukan dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) nya, khususnya sumber daya pemuda dan pemudinya. Termasuk keberhasilan bangsa Indonesi, Jawa Tengah termasuk Purbalingga ditentukan oleh para siswa/siswinya.

“Karena 15 tahun, 20 tahun lagi nantinya mereka yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan negeri ini,” pungkas Tiwi. (Lil)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *