Wakil Bupati

Purbalingga

Buka Apresiasi Seni Budaya, Wabup Baca Ulang Janji Sumpah Pemuda

PURBALINGGA – Bertempat di Balai Desa Pagerandong Kecamatan Kaligondang Sabtu malam (29/10), Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi membuka Apresiasi Seni Budaya. Apresiasi seni budaya dengan tema Greget Pemuda Merajut Masa Depan menampilkan aneka seni budaya dan kearifan lokal Kecamatan Kaligondang seperti pementasan wayang dalang cilik, pentas rebana anak-anak, pembacaan puisi, tarian tradisional dan lain-lain.
Sebelum apresiasi seni budaya dimulai, antusias masyarakat yang memadati balai desa menirukan pembacaan ulang janji Sumpah Pemuda yang dibacakan langsung Wabup Purbalingga yang didampingi Wakil Ketua (Waket) Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Purbalingga Adi Yuwono, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta para pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Kaligondang.
“Kami putra putri Indonesia bertanah air satu tanah air Indoneia, kami putra putri Indoneia berbangsa satu, bangsa Indonesia, kami putra putri Indonesia berbahasa satu, bahasa Indonesia,”ucap Dyah Hayuning Pratiwi.
Usai membacakan ulang janji tersebut Wabup menyematkan PIN kepada anggota Pramuka dan sebelum pementasan seni budaya dan keraifan lokal, Wabup mengajak generasi muda agar kemajuan teknologi informasi yang semakin mendegradasi moral anak muda khususnya pelajar untuk dijauhi.
“Dengan adanya teknologi informasi, saat ini generasi muda mengalami degradasi moral. Apa itu degradasi moral itu, yakni penyimpangan yang dilakukan anak-anak muda atau pelajar seperti penyalagunaan narkoba, radikalisme, minuman keras dan pergaulan bebas serta pelecehan seksual. Untuk itu, generasi muda dan pelajar agar menjauhi bentuk-bentuk degradasi moral tersebut dengan pendidikan agama serta melakukan kegiatan- kegiatan positif, salah satunya dengan pentas seni budaya,”pintanya.
Untuk itu, sambung Wabup, dalam rangka menangkal degradasi moral generasi muda diperlukan pendidikan agama yang baik serta melaksanakan kegiatan-kegiatan positif, diantaranya pentas seni budaya
“Dalam rangka untuk menangkal semua itu, maka pendidikan agama yang baik kepada generasi muda, selain itu juga dengan melakukan kegiatan positif, yakni dengan kegiatan seni budaya,”tuturnya.
Selain itu, tandas Wabup, pihaknya bersama Bupati Purbalingga agar bagaimana kedepan dapat memberdayakan organisasi pemuda atau karang taruna , tahun depan organisasi kepemudaan tersebut, anggarannya akan ditingkatkan, dengan harapan generasi muda di Purbalinga menjadi generasi muda yang tangguh dan berakhlak mulia.
Ketua Sanggar Seni Cindhe Laras Kecamatan Kaligondang Sutarko menuturkan, dengan adanya peringatan apresiasi seni budaya dalam rangka peringatan sumpah pemuda dengan menampilkan seni budaya dan keraifan lokal, generasi muda diharapkan memiliki rasa cinta tanah air dan mau melestarikan kebudayaan jawa serta meninggalkan perilaku tercela, ujarnya. (Sukiman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wakil Bupati Purbalingga © 2013 Frontier Theme