Wabup Tiwi Buka Pekan Promosi Kesehatan 2016 Kabupaten Purbalingga.

stop narkobaWakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi membuka Pekan Promosi Kesehatan Kabupaten Purbalingga tahun 2016 pada Senin siang (08/08) di Gedung Olah Raga (GOR) Mahesa Jenar Purbalingga. Hadir juga Ketua DPRD Kab. Purbalingga Tongat, Ketua Tim Penggerak PKK Purbalingga Ny. Erny Widyawati Tasdi, unsur Forkompimda Purbalingga, Camat se Kab. Purbalingga, Kepala UPT Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Purbalingga.
Dalam sambutannya Wabup Tiwi mengapresiasi kesiapan panitia penyelenggara kegiatan yaitu Dinas Kesehatan Kab. Purbalingga. Wabup Tiwi berharap kegiatan ini akan menjadi spirit untuk menggelorakan pembangunan kesehatan bagi seluruh masyarakat Purbalingga karena salah satu indikator suksesnya pembangunan adalah pembangunan derajat kesehatan.
“Maka dari itu, saya dan pak Bupati telah berkomitmen membangun derajat kesehatan di Purbalingga, salah satunya dengan menyiapkan anggaran di APBD perubahan tahun 2016, kemudian kami (Bupati-Wakil Bupati) juga secara berkala terjun langsung ke desa-desa memonitoring kondisi desa dan masyarakatnya dintaranya melalui gebrak tiap Jum’at pagi,” kata Wabup Tiwi.
Salah satu agenda pada pekan promosi kesehatan adalah pemecahan rekor MURI ibu menyusui yang direncanakan pada tanggal 11 Agustus 2016. Kegiatan ini menurut Wabup Tiwi dalam rangka memperingati pekan Air Susu Ibu (ASI) sedunia, kemudian juga terkandung misi yaitu memberikan edukasi para ibu muda khususnya pemberian asi eksklusif selama 2 tahun karena sangat penting bagi bayi,karena jelas lebih sehat, sehingga menjadikan generasi lebih cerdas.
“Pemberian asi eksklusif adalah salah satu cara berkontribusi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul dimasa yang akan datang, karena menurut penelitian asi sangat mendukung perkembangan otak bayi, sehingga bayi lebih pintar,” jelas Wabup Tiwi.
Selanjutnya, Wabup Tiwi menghimbau seluruh aparatur pemerintah Kabupaten Purbalingga untuk turut serta mensukseskan pekan promosi kesehatan dan mensosialisasikan kepada masyarakat karena kegiatan-kegiatan dalam pekan promosi kesehatan sangat bermanfaat bagi masyarakat.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga dr. Nonot Mulyono selaku Ketua Penyelenggara Pekan Promosi Kesehatan Kab. Purbalingga tahun 2016 menyampaikan bahwa dasar kegiatan ini adalah dalam rangka memberikan edukasi, memberikan pengetahuan, memberikan informasi bagi masyarakat tentang bagaimana cara atau upaya dari Pemerintah untuk masyarakat bagi peningkatan derajat kesehatan, disamping itu juga untuk memperbaiki perilaku kesehatan masyarakat. Kegiatan yang digelar dari tanggal 8 sampai 11 Agustus 2016 mengagendakan berbagai kegiatan diantaranya adalah Pameran Kesehatan diikuti seluruh Puskesmas di Kab. Purbalingga, Rumah Sakit, BNN, BPJS, dan juga Bank Jateng. (taufiq.h)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *