10 Kades hasil Pilkades tahap III dilantik Wakil Bupati

Wakil Bupati Purbalingga melantik dan mengambil sumpah para kades hasil pilkades serentak tahap ke III di Pendopo Dipokusumo (1)

PURBALINGGA, HUMAS –  10 orang Kepala Desa hasil pemilihan kepala desa serentak tahap III tahun 2013 dilantik oleh Wakil Bupati Purbalingga di Pendopo Dipokusumo (Selasa, 24/12).  10 orang Kepala Desa terdiri dari 4 orang wanita dan 6 orang laki-laki.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Purbalingga Imam Hadi mengatakan, pelantikan 10 Kades merupakan hasil dari pilkades serentak tahap ke III tahun 2013  dari enam kecamatan yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 17 November yang lalu.

“ Keenam kecamatan yang melaksanakan pilkades serentak tahap ke III tersebut adalah Kecamatan Karanganyar terdiri dua desa, Kecamatan Kejobong dua desa, Kecamatan Mrebet satu desa, Kemangkon tiga desa,dan Bojongsari satu desa dan Kecamatan Padamara satu desa”. tambah Imam

Dalam kesempatan lain Wakil Bupati Purbalingga Drs Sukento Rido Marhaendrianto MM mengharapkan kepada seluruh Kepala desa terlantik untuk menjadi seorang pemimpin harus bisa memimpin dirinya sendiri, harus bisa menjadi teladan bagi masyarakat, serta tidak alergi terhadap kritik dari rakyatnya. Pemimpin juga harus selalu mempersepsikan kritikan itu sebagai hal yang positif sehingga dapat melakukan pembangunan yang lebih baik bagi daerahnya yang dipimpinnya.

“Jadilah seorang pemimin yang komunikatif,  terbuka, dan tidak anti kritik serta dekat dengan masyarakat. Jadilah pemimpin yang mempunyai empati dan kepedulian terhadap segala permasalahan yang ada di masyarakat. Jadilah pemimpin yang mempunyai empati dan peduli terhadap segala permasalahan serta menjadi pengayom masyarakat.” pinta Sukento.

Seorang pemimipin baik jajaran birokrasi  pemerintahan maupun birokrasi pemerintahan desa harus bisa menyesuaikan diri dalam tugas-tugas kepemerintahan, kemasyarakatan disegala bidang. Selain itu juga harus harus memahami dan mengaplikasikan seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kepala Desa adalah aparatur pemerintah, oleh karena itu harus diperhatikan bahwa loyalitas adalah satu yaitu NKRI. Disamping itu juga benang merah hierarki pemerintahan yang syah dengan rentang kendali yaitu Kepala Desa, Camat, Bupati, Gubernur dan Presiden,”tambahnya.

Pelantikan Kades tahap ke III dihadiri oleh unsur pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga, Sekretaris Daerah Kabupaten Purbalingga Para Camat, Para Kepala Desa terlantik dan mantan Kepala Desa. (Humas – Key)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *